Kamis, 22 Juli 2010

JARINGAN KOMPUTER

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan computer adalah dua atau lebih computer yang saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan protocol komunikasi melalui media komunikasi, sehingga dapat salling berbagi atau tukar menukar data atau informasi.

Jaringan computer sangat dibutuhkan terutama oleh orang-orang yang berhubungan langsung dengan computer. Hal ini terjadi karena dengan menggunakan jaringan computer data atau informasi dapat disebarluaskan dengan cepat ke pengguna lain.

Konsep jaringan computer lahir pada tahun 940an pada sebuah proyek pengembangan computer di laboratorium Bell dan Group Riset Harvard University, yang dipimpin oleh professor H. Aiken . pada tahun 1950an ketika super computer tercipta, saat itu ditemukan sebuah konsep untuk menghubungkan computer yang sudah ada. Kemudian pada tahun 1969, DoD (Departement of Defence) membuat suatu jaringan kompiter pertama yang diberi nama ARPANET.



Manfaat jaringan computer :
• Sharing resources
Bertujuan agar seluruh program/peralatan lain dapat digunakan/dimanfaatkan oleh setiap orang dalam jaringan computer.
• Saving money
• Sebagai media informasi atau tukar menukar data
• Sumber daya lebihefisien
Dengan pemakaian sumberdaya secarabersama-sama akan mendapat hasil yang maksimal.
• Integrasi data
Jaringan computer dapat mencegah ketergantungan pada computer pusat, karena stiap proses data tidak harus dilakukan pada satu computer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.

Macam – macam jaringan computer :

Berdasarkan skala :
• Personal Area Network (PAN)
• Campus Area Network (CAN)
• Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
• Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
• Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
• Global Area Network (GAN)

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
• Topologi bus
• Topologi bintang
• Topologi cincin
• Topologi mesh
• Topologi pohon
• Topologi linier

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
a. Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
b. Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
a. Jaringan LAN
LAN adalah suatu kmpulan komputer dimana terdapat beberapa client dan sebuah server. LAN merupakan jaringan komputer yang mencangkup wilayah yang lebih kecil, seperti jaringan gedung, kanto, sekolah, dll.
b. Jaringan MAN
MAN merupakan perkembangan dari LAN. Jaringan ini terdiri dari beberapa LAN yang saling berhubungan. Contoh : jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank didalam kota besaar.
c. Jaringan WAN
WAN merupakan bentuk jaringan komputer yang terdiri dari dari LAN dan MAN. WAN adalah jaringan yang yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat optik. Karena jangkauannya yang luas, bukan hanya meliputi satu kota atau satu kota dalam suatu wilayah, tetapi sudah menjangkau antar Negara.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
a. Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
Jenis layanan Client-Server antara lain :
• File Server : memberikan layanan fungsi pengelolaan file.
• Print Server : memberikan layanan fungsi pencetakan.
• Database Server : proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat minta pelayanan.
• DIP (Document Information Processing) : memberikan pelayanan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan data.
b. Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
Peer to peer adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain, Tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama

4. Berdasarkan media transmisi data
a. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
b. Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.


Prinsip Kerja Jaringan Komputer

Ada 4 komponen utama yang terdapat pada suatu jaringan, yaitu sender (pengirim data informasi), protokol (yang meng-encode dan men-decode data informasi), media transmisi (medium transfer data), dan receiver (penerima data informasi).

Prinsip kerjanya, pertama-tama sender mengirim sinyal informasi menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver.

Prinsip kerja diatas dapat di analogikan saat orang jepang dan orang inggris sedang chatting melalui internet. Saat orang jepang mengetikkan suatu pesan dalam bahasa jepang maka pesan tersebut akan diubah terlebih dahulu oleh protokol ke dalam bahasa inggris sehingga orang inggris dapat menerima pesan tersebut dalam bahasa inggris dan sebaliknya saat orang inggris membalas pesan orang jepang tersebut maka pesan bahasa inggris akan diubah oleh protokol terlebih dahulu menjadi bahasa jepang sebelum sampai ke orang jepang. Jadi dalam hal ini protokol dapat di istilahkan seperti penerjemah informasi data.

Sumber :
www.wikipedia.org
www.slideshare.com
www.google.com
buku “Jaringan Komputer” karya Wiharsono Kurniawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar